advert 1
advert 2
advert 3

Article Menu

Webmail

Domain & Hosting

Polls

Kucing jenis apa yang anda minati saat ini?
 
Perkawinan kucing PDF Print E-mail
Written by owner   
Tuesday, 23 March 2010 13:47

 

 

 

    Ketika kucing anda telah menginjak usia 8 bulan, maka biasanya sudah mulai nampak tanda-tanda birahi , namun usia yang dianjurkan bagi kucing betina untuk kawin adalah setelah memasuki usia 10 – 14 bulan saat kondisi organ reproduksinya sudah matang dan siap secara fisik maupun mental untuk mengalami dan melalui masa kehamilan, melahirkan serta menyusui anaknya nanti. Demikian juga untuk kucing jantan yang dianggap cukup matang kelaminnya setelah berusia setahun.

 

    Tanda-tanda kucing betina birahi bila dia mulai bersuara keras, suka tidur mengguling-gulingkan tubuh sambil menggeliat-geliat didepan jantannya, dan suka menyodorkan punggung bagian belakang / kearah ekornya bila kita elus punggungnya, kadang ekornya melipat kekiri dan kekanan disertai gerakan kedua kaki belakang berjalan ditempat, itu pertanda kucing betina siap dikawinkan.

 

    Tanda birahi pada kucing jantan adalah bila ia suka mengeong terus dengan suara  keras, spraying (membuang urine ) disembarang tempat , dan jika melihat kucing betina ingin cepat –cepat menaikinya.

 

    Adakalanya seekor kucing betina sudah berusia setahun namun belum pernah menunjukkan tanda birahi.Bila demikian kita bisa memberikan vitamin E untuk meningkatkan hormon sehingga memberikan dampak timbulnya keinginan / birahi untuk kawin.

 

    Sering terjadi pada kucing-kucing peliharaan kita dimana momentum masa birahi tersebut tidak secara bersamaan terjadi diantara kucing jantan dan betina yang kita pelihara, sehingga yang terjadi adalah kucing betina akan marah bila didekati jantannya.Sebaliknya, mengetahui betinanya marah pejantan akan jual mahal dan tidak mau mengawininya lagi. Suasana yang tidak kondusif ini kadang membuat kita stress dan berusaha mencarikan betina lain yang siap untuk dikawini.

 

   Terkadang seekor kucing jantan juga masih ‘setia’ dengan pilihannya semula dan tidak bersedia digantikan oleh betina yang lain. Namun adapula kucing betina yang bersedia kawin dengan lebih dari satu pejantan dan demikian pula pejantannya tidak keberatan untuk saling menunggu secara bergantian mengawini betinanya.

 

    Bila kita ingin memilih pejantan dengan kualitas lebih baik agar memberikan keturunan kucing dengan kualitas yang lebih baik, kita bisa memanfaatkan jasa kawin dari pemilik kucing yang menyewakan pejantan unggulnya untuk mengawini kucing betina kita dengan biaya jasa tertentu.

 

    Masa-masa perkawinan kucing biasanya berlangsung sekitar 7 hari, yaitu setelah kucing selesai melewati masa birahinya.

 

 

 

 

 

Last Updated on Friday, 26 March 2010 15:41